Makanan Khas Banten
Makanan

Makanan Khas Banten

Makanan khas Banten – Provinsi yang terletak di ujung paling barat Pulau Jawa ini memiliki berbagai macam keunikan. Salah satunya terletak dari makanan khas Banten yang memiliki rasa lezat dan memberikan kesan tak terlupakan. Tentu sayang jika Kamu melewatkan makanan ini jika berkunjung ke Banten.

Kuliner Khas Banten

Berikut ini daftar makanan khas Banten yang mesti Kamu coba:

1. Sate Bandeng

Kamu mungkin sudah akrab dengan sate ayam, kambing atau sapi. Namun untuk sate bandeng, nampaknya masih asing ya?

Sate ini memang andalan khasnya Banteng. Jadi sangat sulit kamu temui di tempat lain. Sebelum dijadikan sate, bandeng terlebih dahulu disisik serta dipukul agar tulang ikan menjadi remuk.

2. Gerem Asem

Bagi Kamu yang suka pedas, Kamu bisa coba gerem asem. Makanan ini adalah olahan daging bebek atau daging ayam yang disajikan dengan siraman kuah dengan rempah yang kuat.

Rasa makanan ini pedas dan menyegarkan. Orang-orang Banten biasanya menyajikan makanan ini saat ada acara besar seperti syukuran.

3. Gecom

Makanan asli Banten yang juga layak Kamu cobain adalah gecom. Gecom sendiri merupakan akronim dari toge serta oncom. Kedua bahan inilah yang menjadi bahan utama gecom.

Hal yang menarik dari makanan ini adalah proses memasaknya yang menggunakan wajan yang permukaannya datar. Persis yang mungkin Kamu temui di tempat pedagang martabak telor.

4. Angeun Lada

Makanan pedas khas Banten lain yang menggugah selera adalah angeun lada. Secara bahasa, nama angeun lada itu berarti sayuran yang memiliki kuah dengan citarasa pedas.

Kuah ini biasanya dicampurkan dengan olahan sapi seperti tulang iga atau bagian babat yang sebelumnya sudah diungkep. Sayur yang lezat ini sering juga jadi hidangan dalam acara-acara syukuran masyarakat Banten.

Baca juga: Pengertian Ruang Lingkup Biologi

5. Rabeg

Masakan Banten yang satu ini adalah masakan yang nampaknya terpengaruh dari masakan khas Arab. Terutama karena bumbunya yang memakai kapulaga serta bunga lawang.

Wujudnya mirip dengan semur yang memiliki kuah kental. Meskipun cita rasanya agak manis, namun ketika disantap ia tetap enak dan membawa rasa segar.

6. Sambal Burog

Nama makanan yang sekilas mirip dengan kendaraan Nabi Muhammad Saw saat melakukan Isra dan Miraj ini akan sering ditemui saat menjelang tibanya musim haji di Banten.

Makanan ini adalah olahan kulit tangkil atau kulit melinjo yang kemudian diberikan bumbu bawang-bawangan, kemiri, serta daun salam untuk menambahkan aroma. Enak sekali jika dimakan dengan nasi yang masih hangat.

7. Kue Pasung Merah

Banten juga memiliki kue yang menjadi makanan khasnya, yakni kue pasung merah. Sesuai namanya, kue ini diwadahi oleh pasung, yang artinya bagi orang Banten merujuk kepada wadah berbahan daun pisang dengan bentuk kerucut.

Kuenya sendiri diolah dari tepung sagu serta tepung beras yang dicampurkan santan dan gula merah sebelum dikukus. Teksturnya sendiri kenyal dan enak digigit.

8. Kue Balok Menes

Kue lainnya yang tak kalah enak adalah balok menes yang merupakan sajian khas Pandeglang. Kuliner ini punya rasa serta aroma yang pasti akan terngiang-ngiang jika sudah dicoba.

Pembuatannya melibatkan beberapa bahan dengan bahan utama singkong yang dipadukan dengan serundeng untuk menghasilkan citarasa yang khas untuk dinikmati.

Nah, itulah beberapa makanan khas Banten yang bisa Kamu cicipi satu persatu. Di luar ini, tentu masih banyak lagi makanan Banten yang bisa Kamu eksplorasi. Namun, yang 8 ini pastikan untuk tidak dilewatkan ya!