Contoh dan Jenis Database
Komputer

Contoh dan Jenis Database Lengkap

Contoh dan Jenis Database –┬áDatabase atau basis data merupakan kumpulan informasi atau data yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer guna mendapatkan informasi dari basis data tersebut. Informasi yang saling berkaitan pada suatu subjek tertentu dan memiliki tujuan tertentu merupakan pengertian lainnya dari database. Tidak hanya di bidang teknologi saja database digunakan, saat ini sudah banyak instansi yang menggunakan sistem database yakni supermarket, sekolah, universitas, perkantoran dan lain-lain. Dalam dunia database ada istilah DBMS (Database Management System) yang merupakan suatu sistem pengelolaan database dalam dunia IT. Fungsi DBMS yaitu memungkinkan database user untuk mengontrol,memelihara dan mengakses data secara efesien dan praktis. Memberikan tinjauan abstrak data kepada pengguna adalah salah satu tujuan DBMS.

Jenis-Jenis Database

Jenis database berdasarkan strukturnya:

  • Flat-File Database, merupakan jenis database yang mudah untuk diubah dan sangat ideal untuk data yang kecil. Database ini cocok digunakan untuk menyimpan data dan daftar yang bentuknya sederhana dalam jumlah kecil. Database ini sangat tidak cocok digunakan untuk menyimpan data dengan struktur yang kompleks. Kekurangan menggunakan database ini adalah sering terjadi file rusak/korup.
  • Relational Database, database ini sering digunakan karena aksesnya lebih berkembang dan mudah dibandingkan database flat-file. Database relational juga memiliki struktur yang lebih logis untuk penyimpanannya. Tetapi implementasi yang sulit untuk jumlah besar data dengan tingkat kerumitan yang tinggi. Menghubungkan tabel lebih dulu jika data tersimpan dalam beberapa tabel membuat proses pengambilan informasi menjadi sedikit lebih lambat.

Contoh Database

Berikut merupakan contoh database yang sering digunakan.

1. Database Oracle

Oracle merupakan contoh database dengan jenis relational database management system (RDBMS) yang dimiliki oleh Oracle Corporation untuk mengelola informasi secara komprehensif, terbuka dan terintegrasi. Database ini dirancang untuk instansi berukuran besar dan bisa diakses secara online. Database oracle memiliki banyak fitur, bisa digunakan lebih dari 1 server, dan penyimpanan yang mudah serta transparan. Alasan mengapa database ini tidak cocok untuk organisasi menengah atau kecil karena database ini cukup rumit dan termasuk database yang termahal di dunia.

2. Database MySQL

Selain sering digunakan sebagai situs web dinamis dan E-Commerce, MySQL juga dinobatkan sebagai database pertama sebagai database open-source dan menjadi database kedua yang paling banyak digunakan di dunia. Keunggulan dari MySQL yakni security yang baik, fleksibel, stabil dan tangguh, kemudahan dalam management database, mendukung transaksi dan perkembangannya yang cepat. Kekurangan dari MySQL yaitu data yang bisa ditangani tidak begitu besar, belum mendukung windowing function dan kurang mendukung bahasa visual seperti VB, Delphi dan Foxpro.

3. Microsoft SQL Database

Microsoft juga memiliki sistem database yang terkenal dan terlisensi. Microsoft SQL bersifat komersial dan menyediakan layanan managemen database untuk instansi besar seperti perusahaan atau alat intelijen bisnis terintegrasi. Database ini memiliki kemampuan membuat database mirroring dan clustering, backup data, rollback data dan recovery data serta memiliki pengamanan data yang baik. Microsoft SQL merupakan database yang memiliki harga mahal dan hanya bisa dioperasikan di sistem operasi windows.

4. Clipper

Termasuk ke dalam kelompok Xbase yang ditujukan lebih ke pengolahan data. Untuk penggunaan database ini tidak memerlukan perangkat keras yang tinggi, mudah dalam memasukan data dan mudah dalam percetakannya melalui printer karena tidak berbentuk grafis. Database ini tidak didukung aplikasi internet, memiliki struktur program yang tidak beraturan dan segala sesuatunya harus dikerjakan oleh programmer (tidak oleh sistem)

Itulah pembahasan mengenai contoh dan jenis database yang paling umun dan sering digunakan oleh programmer atau instansi.